Kamis, 06 November 2014

ROJAK cari ISTRI


“Papa tunggu kamu besok pagi di rumah! Jangan banyak tanya atau kamu melarat sendirian selamanya!” Papa bicara dari ponsel dengan suara tegas dan dingin.
Reza terdiam sampai sambungan itu terputus dengan sengaja oleh papa.
“Kayaknya ada masalah gede di rumah... pake ngancem gue bakal melarat lagi... bushet! Nggak lagi deh...” pasalnya, Reza pernah dibikin melarat. Semua kartu kredit+ATM diblokir, stop dikirim pulsa, dikomplitkan lagi mobilnya nggak boleh operasi di jalan. (Kalo berani pake mobil, diancem kuncinya bakal diambil sama kenalan papanya yang polisi setempat). Ck...ck... waktu itu gara-gara ketahuan nabrakin Mercedes papa sampe kulitnya robek setengah badan. Reza nggak apapa, tapi mobilnya ditinggal gitu aja di pinggir jalan.
Cukup penjelasannya, kini Reza bergegas, berkemas ketika melihat jam dinding di kamarnya menunjukkan 11.50 malam...
Subuh-subuh Reza langsung ke bandara Adi Sutjipto, langsung beli tiket ke Jakarta.
Tepat jam 8 pagi, Reza sampai di depan rumah.
Tampak sepi, Cuma ada pembokat-pembokat yang lagi beres-beres rumah.
Tak lama, pintu ruang kerja dibukanya dan menemukan papa sedang duduk dengan tenang menghadapi laptop.
“Pagi pa.” Sapa Reza.
“Keluarkan semua kartu kredit, ATM, handphone, kunci mobil, kunci rumah.” Papa to the point.
“Memangnya kenapa pa?” Reza bingung setengah mati.
“Cepat keluarkan!” Papa menatap anak sulungnya itu dengan garang.
Reza buru-buru mengerahkan semua hartanya.
“Kemarin ada perempuan datang, minta kawin sama kamu. Lagi! Ini sudah ke 7 kalinya! Itu gara-gara kamu senang gonta-ganti pacar nggak jelas! Kenalnya aja di club! Pokoknya papa nggak mau tau lagi. Stop semuanya! Termasuk dugem! Percuma papa kuliahkan kamu tapi tetap aja masalah nggak ada habis-habisnya!” papa murka.
“Trus pa?” Reza pasrah tak berani melawan papa.
“Papa heran. Punya anak, dua-duanya selalu bikin pusing!” Papa memasukkan semua harta Reza ke dalam brankas besi. Benar-benar dikunci serapat-rapatnya!
“Kalo kamu masih mau jadi anak papa, berhenti main perempuan, segera cari istri. Cuma itu satu-satu jalan supaya kamu nggak bikin masalah lagi. Papa kasih kamu waktu, 2 bulan.” Vonis papa.
“Ha??? Istri pa???” Reza terbelalak.
“Pilih calon sendiri... atau papa yang harus turun tangan?” papa tetap mengancam.
“Tapi, gimana caranya? Semua hartaku, papa ambil. Reza miskin dong pa.”
“Pikir sendiri.” Papa memasang jasnya dan beranjak meninggalkan ruangan.
“Tapi pa, Reza mohon keringanan...” Reza memelas.
Papa membalikkan badan dan langsung melemparkan sebuah kunci yang dengan sigap ditangkap Reza.
“Selama papa nggak ada, Nadine pegang kuasa penuh semua fasilitas. Tugasmu, awasin Nadine. Keringanan yang kamu minta, papa kabulkan. Jangan biarin Nadine bawa mobil sendiri. Kamu harus jadi supirnya.” Papar papa lalu langsung pergi.
Reza menatap kunci mobil itu.
“Nadine... si galak itu. Hhh!” Reza menghela nafas dan beranjak ke dapur.
“Bi Yum. Bikinin speghetti ayam tortilla.” Reza lapar rupanya.
“Nasi goreng aja ya den. Semua bahan makanan yang non Nadine nggak suka, nggak ada.” Lapor bi Yum.
“Ya sekarang tolong dibeliin lah bi...” Reza memelas.
“Uangnya mana den?”
Reza terdiam ketika teringat semua hartanya raib, dirampok papa.
“Hh, yaudah. Nasi goreng. Pake telor.” Reza pun pasrah.
Sembari sarapan dengan tenang... telpon rumah berdering.
“Dari Tuan besar.” Bi Yum menyerahkan telpon pada Reza.
“Ya pa...”
“Za, jemput adikmu siang ini di sekolah, jangan sampe terlambat.”
“Iya pa.” Reza menurut.
“Inget perjanjian kita! Manfaatkan waktu 2 bulan, sebaik-baiknya. Papa mau sepulang dari urusan bisnis, kamu sudah dapat istri. Kalo enggak, rasakan sendiri akibatnya.” Lanjut papa dan langsung menutup telpon.
Reza melirik jam... 10.20...
“Mumpung nggak ada papa... cari cewek, asik nih.” Reza tersenyum sumringah dan bergegas.
Di lampu merah...
“Ganteng... sendirian aja...” beberapa gadis di mobil sebelahnya menyapa menggoda.
Reza menoleh dan seperti biasa, memberikan senyum pesona andalannya.
“Catet ya... 081...” seorang cewek membacakan nomer hp.
Senyum Reza hilang seketika saat meraba kantong baju dan celananya! “Anjrit! Lupa... tadi pagi kan gue mendadak miskin!” untungnya, lampu ijo cepet nyala... buruan deh, si Reza ngacir.
Tiiin... Tiiin... Reza di klakson sebuah motor. Kesal, Reza pun meminggirkan mobilnya dengan marah lalu keluar sambil melotot. Sejenak Reza dan 2 orang pengendara motor itu saling pandang keheranan.
“Rojak???” salah seorang cowok yang bawa motor itu histeris riang.
Mengenal panggilan dan suara itu, Reza pun ikut sumringah.
“Le’man??? Itonk???” Reza tersenyum, lalu memeluki 2 kawan lamanya itu.
“Bushet lo Jak... tambah plus plus aja lo...” puji Le’man yang nama aslinya Sulaiman.
“Masih seneng panggilan tukang kaki lima ya lo? Gileee... ada gunanya juga kita punya nama ndeso kayak begitu. Kalo nggak, mana gue inget ini lo bedua. Abis, makin jelek aja sih kalian.” Kata Reza.
Mereka pun akhirnya pergi ke warung... di sana, Reza menceritakan semua masalahnya...
“Wah, lo sih parah...” Itonk yang nama aslinya Tino geleng-geleng kepala.
“Masih 22 tahun gini, lo disuruh kawin? Ah, emang kena batunya aja lo... dulu, hampir semua cewek di SMA kita lo pacarin. Tiap minggu, putus... ganti lagi.” Le’man menimpali sambil mengaduk-ngaduk es teh nya.
“Sebenernya sekarang sih masih... abisnya, cewek-cewek kuliahan bikin godaan nggak ketahan sih...” aku Reza.
“Dasar lu tu ye... playboy mendadak miskin.”
“Trus sekarang gimana dong? Kalian bisa bantu gue nggak nih? Waktu gue Cuma 2 bulan, jek... mana sekarang gue nggak punya modal apa-apa lagi.” Reza memelas.
“Kita usahain deh Jak... Pokoknya kalo jodoh nggak lari kemana. Kita kan temen lama, pasti nggak tega juga lah.” Itonk berusaha  menenangkan.
“Kita bedua cabut dulu ya. Ada kelas siang nih.” Le’man bergegas pergi.
“Oke, kapan-kapan lo ikut kuliah kita ya Jak. Biar bisa mikir bareng.” Itonk menambahi.
Reza pun juga pergi dan segera ke sekolahan adik perempuan semata wayangnya...
Semua mata tertuju pada sosok Reza ketika baru keluar dari Mobil. Khususnya cewek-cewek yang baru bubaran sekolah... ada yang bergerombol sambil bisik-bisik, ada juga gerombolan  yang genit melambaik-lambaikan tangan, ada juga beberapa cewek yang sampai tersandung dan terjatuh...
“Fresh banget dah ni mata... anak-anak SMA seger-seger amat.” Reza berdecak dalam hati.
Di kejauhan, muncul sosok tinggi ramping, sexy, putih mulus, rambut lurusnya yang panjang diikat kuda... Gadis itu membalas tatapan Reza tanpa senyuman, sambil berjalan ke arahnya.
Beberapa bisikan di sekitar mereka, membuat gadis itu menoleh cepat, “Apa lo liat-liat??? Sana lo! Kampungan!” bentaknya.
“Nadine...” Reza memegang lengan gadis itu.
“Lo juga! Ngapain lo di sini? Pake mobil gue segala lagi. Awas lo ya sampe ngelecetin mobil gue.” Ancam gadis cantik itu.
“Bushet... masih galak aja sih lo?”
“Berisik lo!” masih jutek, Nadine pun masuk ke dalam mobil.
Sepanjang perjalanan ke rumah, Reza mencoba mencairkan suasana hati adiknya yang selalu dingin dan galak itu...
“Napa sih lo... cemberut terus...” goda Reza.
“Diem lo.”
“Ih, masih galak juga...”
“Kalo gue nggak galak, lo nggak bakalan selamet dari cewek-cewek yang minta kawin sama lo... yang baru ketahuan sama papa sih boleh 7... padahal, lebih... harusnya lo terima kasih banyak sama gue.”
“Wah, ada untungnya juga dong adek gue galak?”
“Ih, lo tau nggak... cewek-cewek yang minta kawin sama lo tuh tingkahnya aneh-aneh... masak ada orang hamil pake high heels trus lari-lari ngejar taxi...eh, jatoh deh bantalan di perutnya. Dasar bego!”
“Oh ya?”
“Trus ada juga yang pake bawa-bawa enyak babeh dari kampung segala... aneh, anaknya modis tapi kok enyak babeh nya ndeso. Kampung! nggak taunya bener, yang dibawa ternyata pembantu sama tukang kebonnya.”
Reza tertawa.
“Oh, ada juga yang sok-sok ngancem bunuh diri segala! Katanya... ‘kalo gue nggak dikawin sama Reza, gue bakal mati bunuh diri ditabrak truk di tengah jalan!’. Emang tolol aja tu cewek... belum kenal Nadine, dia! Akhirnya beneran dia gue seret ke jalan gede yang rame mobil...”
“Ya ampun, gila lo... trus?” Reza penasaran.
“Gue seret, gue jambak... gue bediriin di tengah jalan, akhirnya dia ngaku... pengen kawin sama lo Cuma gara-gara kita keluarga Miliyarder doank!”
Hahahahaha... mereka tertawa bersama mendengar cerita-cerita Nadine yang berusaha keras ngusirin cewek-cewek matre ganjen yang dateng ke rumah...
“Nggak nyangka gue, lo bisa ngelindungin kakak lo yang ganteng ini.”
“Kepedean lo!” Nadine manyun. “Lagian, napa sih lo selalu aja bikin masalah? Ribet tau! Bosen gue!” tambahnya.
“Lo nyalahin gue mulu. Sekarang, napa coba lo sampe nggak boleh bawa mobil sama papa, hayo? Lo pasti habis bikin masalah kan?”
“Mau tau aja sih lo?”
“Pasti lo nabrakin mobil orang ya?” tebak Reza.
“Nggak... semalem gue mabok, ketilang polisi gara-gara nerobos lampu merah. Udahlah, lupain aja. Oh ya, tadi pagi papa udah cerita semuanya tentang lo yang mendadak miskin.”
“Trus? Lo mau bantuin gue kan?” Reza bersemangat.
“Enak aja! Justru, gue disuruh jadi polisi buat lo! Semua yang lo butuh, harus atas ijin resmi dari gue.”
“Hhhh... mana ni anak galak amat lagi...” Reza mencelos di dalam hati.
* * *
“Habis nganter lo, gue mau ke tempat temen.” Reza minta ijin pagi itu, pas sudah deket sekolahan Nadine.
“Ntar siangan aja. Pagi ini gue perlu bantuan lo.”
“Bantuan apa?”
“Gantiin papa dipanggil guru BK.”
Reza ngerem spontan.
“Eh, santai aja napa sih?” Nadine manyun.
“Lo bikin masalah lagi?” Reza terkejut.
“Enggak...”
“Kalo nggak bikin masalah, kenapa bisa sampe dipanggil orangtua segala?” Reza sewot.
“Bawel amat sih lo??? Kalo lo nggak mau, biar nanti siang gue minta pak Ucup aja yang gantiin lo.” ancem Nadine.
“Ah, elu... tapi, emangnya napa sih?”
“Udah, ntar juga lo bakal tau. Turun yuk, ah. Paling Cuma setengah jam doank.”
Reza pun menurut, mereka pun turun dari mobil.
“Eit, tapi... lo bakal ngejamin apa kalo ntar gue nggak diapa-apain di dalam sana?”
“Nih... gue tau lo pasti lagi butuh...” Nadine menyerahkan salah satu handphone-nya.
Reza tersenyum lebar.
“Bisa baek juga lo ya, kadang...” Reza merangkul bahu adiknya dan mengambil ponsel dari genggaman Nadine.
“Berisik lo. Udah, yuk buruan.” Nadine mendorong-dorong Reza sampai ke depan kantor Bimbingan Konseling itu.
“Pagi bu... Maaf, Papa nggak bisa dateng... Lagi di luar negri. Diwakilin aja nggak apapa ya bu. Kalo gitu, saya ke kelas dulu. Ada ulangan.” Nadine langsung ngacir gitu aja meninggalkan Reza yang terbengong-bengong berhadapan dengan gurunya yang tampak galak.
“Silahkan duduk.” Kata bu guru.
Reza pun duduk, masih dengan otak yang kebingungan ‘harus ngapain’.
“Kalo boleh tau, anda ini ada hubungan apa ya sama Nadine?” tanya bu guru.
Reza terdiam sejenak. Sibuk dengan argumennya sendiri. “Masih muda... kenapa jadi guru? Body oke, kenapa nggak jadi model?” batinnya.
Guru BK itu berdeham dan membuat Reza tersadar. “Supir.” Jawabnya kemudian.
“Hah?” bu guru kaget.
“Tenang bu... saya supir gaul kok. Saya orang kepercayaan papa nya Nadine. Nanti bisa saya sampaikan langsung ke papa nya.” Reza buru-buru menimpali.
Menghela nafas sebentar, bu guru itu pun tersenyum.
“Oke, jadi begini pak...” bu guru menceritakan al-kisah, dongeng, legenda dan segala macamnya tentang kelakuan dan nilai-nilai Nadine yang merosot drastis.
Sungguh sengaja atau enggak, memang dasar Reza! Mana betah dia denger celotehan panjang kayak 50 halaman hvs.
“Pak...” bu guru mencoba membangunkan lamunannya.
“Ngg?” reza akhirnya tersadar.
“Sebenarnya dari tadi anda dengerin saya nggak sih?” bu guru melotot.
“Eee... denger kok bu, denger. Swear deh.” Reza agak terbata. Gimana enggak, dia denger cerita panjang lebarnya bu guru kayak denger deru angin sepoi-sepoi. Bikin ngantuk! Hhh...
“Anda ini tidak menghargai saya ya. Dari tadi saya bicara panjang, sampe capek... anda Cuma bengong?” bu guru sewot.
“Sori deh bu... semalem saya begadang nonton motoGP sih... Kalo diulangin aja gimana? Saya pasti dengerin. Janji.” Bujuk Reza.
Bu guru tampak gemas dan geram.
“Sebaiknya anda segera pulang dan sampaikan pesan untuk papanya Nadine untuk segera datang ke sini, langsung.” Putus bu guru.
“Kalo gitu saya permisi bu...” Reza langsung buru-buru ngacir meningglkan ruangan itu.
“Bushet, galak amat! Kenapa dia jadi segalak Nadine? Bisa migrain gue, kalo semua orang bentuknya kayak Nadine.” Reza langsung meninggalkan sekolahan sambil menggerutu.
Reza sudah janjian sama Le’man dan Itonk utnuk masuk ke kampus mereka...
“Pusing gue! Adek gue bikin masalah terus... sampe tadi nih ya, gue harus dipanggil sama guru BK. Hhh... yang bikin males, tu guru BK galak banget jek. Galaknya dia udah ngalah-ngalahin adek gue aja.” Reza mengadu.
“Na’as amat sih lo, Jak.” Le’man memandu untuk duduk di bangku paling belakang.
“Emang dasar, cewek jaman sekarang... susah bener nyari yang bener-bener bener.” Reza geleng-geleng kepala sendiri.
“Eh, Jak. Ntar siang lo ke rumah gue. Kita bedua udah nyiapin sesuatu buat lo.” Itonk bikin penasaran.
“Apaan emang?” Reza pengen tau.
“Udah, tar siang aja...”
Hmm, emang dasar Reza... matanya masih sempet jelalatan. Peka banget sama cewek-cewek yang lagi ngeliatin dia. Tauuu aja... dengan senyum andalannya, Reza berhasil membuat beberapa cewek di kelas jadi salting.
Siangnya... di rumah Itonk...
“Lo duduk tenang aja di sini... Jangan bawel, jangan berisik.”
“Adek gue... bisa ngamuk dia kalo nggak dijemput...”
“Sini kunci mobil lo. Biar gue aja yang jemput.” Itonk inisiatif.
Reza pun menyerahkan kunci mobil adiknya.
Tinggallah dia di ruang tengah bersama Le’man...
Tiba-tiba Le’man bersiul... kemudian, muncul sederet cewek dengan senyum yang lebar-lebar, berusaha semanis-manisnya.
“Lo pilih... trus PDKT...” komando Le’man pada Reza yang masih terpana. Bukan karena cewek-cewek itu, tapi kelakuan temen-temennya yang sampe segitu-gitunya...
Reza pun akhirnya menghela nafas pasrah dan mengangguk “oke”.
Cewek pertama...
“Nama gue Luna... umur gue 21 tahun. Gue kuliah di UI jurusan komunikasi. Nilai IPK gue 3,8.” Pinter sih... tapi, culunnya itu loh!
Reza menggeleng tanda ‘tidak’.
Cewek kedua...
“Nama gue Mita... umur gue 23 tahun. Gue lagi cari kerja, hobi gue masak.” Gile, ni cewek kayaknya emang hobi masak sih... tapi sambel pete! Bau!
Cewek ketiga...
“Nama gue Alexa... umur 19 tahun. Baru lulus SMA, hobi gue berantem.” Reza tertegun dan segera geleng-geleng melihat tampang sangat nan tomboynya cewek itu. Nggak ada manis-manisnya...
“Le’... nggak ada pilihan lain ya?” Reza memelas.
“Masih ada kok, tenang aja.” Le’man menenangkan. Lalu, dipanggilaknnya cewek yang ke-empat...
“Hai... gue Liza. Umur gue 21 tahun. Hobi gue dugem, ngumpul-ngumpul...gue juga suka mijat.” Cewek itu bergaya sensual nan sexy.
Reza sempat terdiam untuk berfikir.
“Enggak!” suara galak khas Nadine tiba-tiba muncul, membuat Reza menoleh spontan.
“Heh, lo tu pecun di belakang sekolahan gue, kan? Mendingan minggat lo sekarang!” Nadine langsung mengusir Liza.
Reza langsung berpaling menatap Le’man yang nyengir lebar.
“Nggak sengaja...” Le’man memamerkan gigi-giginya yang gede-gede.
“Pokoknya, seleksi ini... gue harus ikutan. Biar gimana, gue nggak mau punya ipar yang bentuknya aneh-aneh.” Nadine ikut sewot.
“Lanjut...” Itonk langsung menimpali, memanggil cewek berikutnya...
Semuanya memperhatikan...
“Namaku Gina. Umurku 23 tahun. Hobiku shopping, dandan, jalan-jalan ke mal...”
“Eh, tunggu...” Nadine curiga dan mendekati cewek itu, langsung menarik rambutnya yang ternyata wig! “Lo banci kaleng yang sering godain cowok-cowok di mangga dua kan??? Sialan lo... minggat sana!”
Semuanya langsung tutup muka...
“Le’... dapet dari mana sih lo manusia-manusia kayak tadi?” Reza mencelos.
“Maap...” Le’man manyun.
“Kalian yang bener dikit napa sih?” Nadine ikut komentar.
“Oke, sekarang lo sendiri mau yang kayak apa?” Itonk memotong.
Reza berpikir sebentar...
“Mungkin nggak usah anak metropolitan kali ya...” usulnya kemudian.
“Anak kampung, maksud lo?” Nadine membara.
“Eh, lo seneng apa marah sih? Susah dibedain...” Itonk snewen.
“Ide bagus kok... coba aja! Kalian siapin, 2 hari, kita bakal balik lagi... Yuk, Za. Gue mau ke Salon nih. Kita cabut dulu ya. Bye.” Nadine langsung menyeret Reza pulang.   
“Ada-ada aja kelakuan temen-temen lo. Gue aja nggak mikir sampe ke situ.” Nadine tersenyum geli.
“Lo juga. Kelakuan lo di sekolah tu ada-ada aja. Pusing gue dengerin omelan guru BK lo. Mana galak bwanget lagi... mirip banget sama lo.” adu Reza.
“Maksud Lo???” Nadine melotot.
“Kenapa sih lo nggak ngasih tau papa soal semua panggilan guru di sekolah?”
“Ah, lo kayak nggak tau aja... mana rela gue miskin mendadak kayak lo.”
“Sekali-kali lo harus rasain dong.”
“Sekali? Maksud lo sekarang gue harus miskin kayak lo juga, gitu?” Nadine mulai galak. “Oh, oke. Tapi gue kasih tau ya... kalo gue sampe miskin, lo juga nggak bakal ngedapetin apa-apa. Toh, semua fasilitas sekarang... ada, karena gue kan?” Nadine memperingatkan.
Reza pun terdiam dan berpikir.
“Emang dasar ni anak... udah galak, licik lagi.” Batin Reza lalu menghela nafas.
“Oke... gue nurut.” Kata Reza akhirnya.
* * *
“Tar siang kita milih bareng-bareng... lo kudu’ jemput gue dulu.” Wanti Nadine sembari menutup pintu mobil.
“Iya iya...” Reza yang bergelantungan di pintu mobil, menurut.
Baru beberapa langkah Nadine menjauh dari mobil...
“Nadine... saya sudah pernah memperingatkan berkali-kali. Rok mu itu terlalu pendek.” Guru BK muncul. “Ikut saya ke kantor.”
“Tapi, bu...” Nadine tak kuasa melawan.
“Anda juga.” Tunjuk guru itu pada Reza juga.
Reza pun menutup pintu mobil dan menguncinya auotomatic.
“Elo sih...” bisik Reza pada Nadine.
“Berisik lo.”
“Silahkan tanda tangan...” bu guru menyodorkan buku peringatan pelanggaran yang telah di lakukan Nadine. Bushet, ternyata ini peringatan ke 3 untuk Rok nya... belum bajunya yang ketat... Hhhh...
Nadine pun menandatangani buku itu...
“Skorsing berlaku. Silahkan bersihkan semua koridor.” Vonis bu guru.
“Apa???” Nadine kaget.
“Ada lagi. Ganti rok mini mu itu pake rok yang ini.” Bu guru menyerahkan sepotong rok SMA yang lebar dan panjang. “Ganti sekarang.” Perintah bu guru.
“Hah???” Nadine terbelalak.
“Ayo, sekarang...” tegas guru itu.
Nadine pun dengan muka yang kusut, menurut dengan hukuman itu.
“Anda ini, sebagai keluarga yang baik seharusnya bisa mengingatkan mana yang pantas, mana yang nggak pantas. Pernah sekolah kan?” kali ini bu guru bicara tegas pada Reza.
“Sialan...! menghina banget sih lo! biarpun nggak pinter-pinter amat, Ya gue sekolah lah...” batin Reza komat-kamit.
“Lain kali, tolong diawasin cara berpakaian Nadine.” Tambah bu guru.
“Iya bu.” Reza tetap berusaha bersikap manis.
Siangnya... di rumah Itonk...
“Udah kita siapin yang ndeso-ndeso... pokoknya kalem, kemayu, sopan, lembut...” Le’man berusaha meyakinkan.
Mereka pun duduk bersandar di sofa ruang tengah itu... dan Itonk pun segera memanggil cewek-cewek itu satu per satu...
“Namanya Nurul. Umurnya 18 tahun... sekolahnya Cuma sampe SMP. Kata emaknya, jago menjahit...” Le’man menjelaskan.
Nadine dan Reza memperhatikan sejenak...
Body oke, tinggi standar, kalem, lembut... tapi, begitu senyum lebar... gigi-giginya hitam-hitam. Mereka spontan menggeleng menolak.
Next...
“Namanya Pipin. Umurnya 19 tahun. Kembang desa, rajin sholat sama ngaji...”
Nadine dan Reza pun menilai...
kurus, tinggi standar, fisikly... normal...
“Ditampung.” Putus Nadine.
Next...
“Namanya Dessy. Sunda tea... Umurnya 20 tahun. Belum pernah pacaran, hobinya nyanyi.” Eeehh... begitu disuruh nyanyi... Falz, Jek!!! bikin Reza geleng kepala spontan.
Next...
“Namanya Emil. Umurnya 19 tahun. Hobi, bantu bapak ke sawah sama beres-beres rumah, nggak takut binatang apa aja...”
Montok depan belakang, bibir tebal sensual, berotot... “Perkasa amat!” Reza segera menggeleng.
Berikutnya... berikutnya... dan berikutnya...
Baru 2 orang yang lolos seleksi pertama...
Hari Pertama, Reza jalan sama Pipin ke monas...
“Ya Allah mas, Rojak... Subhanallah ya mas. Allah punya anugrah emas kayak gitu.” Komentar Pipin pada puncak emas monas.
Awalnya Reza masih betah... tapi lama-lama Reza tertekan setengah mati gara-gara si pipin bawaannya agama mulu! Ya dosa lah... ya ini itu lah... belum lagi, dibahas juga hukum-hukum dalam islam... Hhh, Reza makin pusing!
Hari kedua, Reza jalan sama Siti ke Mall...
Siti anak pak Kades daerah cianjur... ramah, lembut, lugu, polos...
“Itu apa sih Kang?” Siti menunjuk patung badut McD.
“Disitu mahal-mahal ya Kang?” Siti menunjuk sebuah toko baju trend anak muda.
“Siti mau liat?” tawar Reza.
Mereka pun masuk... dan terbongkarlah betapa noraknya si Siti. Semua baju dicoba! Nabrakin asal semua warna, ditumpuk-tumpuk segala sampe berkesan tebel banget... saking hebohnya, nggak sengaja kesenggol manekin di etalase depan toko... Reza Cuma bisa sembunyi dibalik telapak tangannya... Hhh, capppek deh!
* * *
Reza pun akhirnya memberikan laporan pada Le’man, Itonk, dan Nadine...
“Udah hampir 2 minggu... nggak ada hasilnya.” Reza pasrah.
“Tenang... gue udah siapin calon-calon lain buat lo...” Nadine mencoba menenangkan. “Mereka temen-temen SMA gue... udah lolos seleksi dari gue.” Tambahnya.
Reza langsung semangat... begitu juga Le’man dan Itonk...
“Anita... Sheila... Rosa... Melisa... Dea...” Nadine menunjuk satu per satu. Memang oke! Semuanya cantik, sexy, feminim... kayaknya seru deh!
Reza langsung bilang, “Gue coba semua!”
Seperti biasa, awalnya asik-asik aja... tapi ujungnya juga gagal lagi...
Waktu jalan sama Anita... ternyata, Anita hobi makan bawang sama kentut... ihhh!!!
Jalan sama Sheila... baik-baik aja sih, tapi manja banget! Ini itu harus ditemenin... ini itu harus diturutin... ini itu harus dibeliin! Wah, mampus deh!
Pas sama Rosa juga fine-fine aja awalnya... tapi begitu lama-lama deket sama Rosa, badannya bau banget! Keringatnya itu loh, apek!!! Hhh, bikin Reza ilfil deh...
Sama Melisa, awalnya Reza nyaman banget... tapi deket makin deket, lengket makin lengket... Melisa minta cium terus! Mending pipi... tapi si Melisa maksa pengen french kiss. Gila, agresif banget! Reza takut tuh...
Nah sama Dea yang mungil lucu nan imut juga Reza pertama-pertamanya suka banget. Tapi begitu lagi asik jalan-jalan... ketahuan, selingkuhannya banyak! ada 9 deh kayaknya! Jadi bukannya jalan mesra, tapi malah kucing-kucingan sama cowok lain. Udah gitu, begitu tau Reza nggak ada modal apa-apa alias miskin... langsung deh ditinggalin gitu aja! Dasar matre!
Hhhh...
“Sudah hampir sebulan nih... belum dapet apa-apa... gimana nih???” Reza makin panik!
“Udah, lo tenang aja... kita nggak boleh nyerah... Ntar siang gue traktir Pizza.” Bujuk Nadine.
Awalnya Reza masih bisa senyum tipis, namun segera tersadar... “Eh, lo nggak bikin masalah lagi kan?”
Nadine nyengir lebar.
“Astaga, Nadine!”
“Kemaren gue berantem sama anak cowok. Gue tonjok sampe mimisan...” ujar Nadine tenang sambil membuka pintu mobil.
“Trus?” Reza masih terheran-heran.
“Apalagi? Sekarang lo harus ke ruang BK... dengerin celoteh 300 meter.” Nadine pun menutup pintu dan melangkah gontai.
Di ruang BK...
“Emang kenapa sampe kamu tonjok begitu?” tanya bu guru.
“Abis dia nggak ada kapoknya sih bu. Maksa saya supaya mau pacaran sama dia. Berkali-kali saya tolak, malah bikin gosip kalo saya ini lesbian. Ya saya nggak terima dong bu.” Nadine menjelaskan dengan menggebu-gebu.
Guru BK dan Reza terdiam...
Lalu, Junedi yang sedang dibicarakan pun muncul...
“Jadi elo? Sialan! Masih ingusan aja belagu!” Bugg!!! Reza langsung menonjok muka Jun. Reza langsung marah bahkan mendidih begitu mendengar adiknya dicela, diremehkan, dan dilecehkan...
“Cukup! Ruangan ini bukan arena tinju... Anda juga nggak berhak memukul anak murid saya!” bu guru marah balik ke Reza.
“Saya punya hak! Punya banget malah!!! Saya nggak suka ada orang yang berani-beraninya melecehkan adik saya! Puas???” Kali ini Reza marah dan membentak balik guru BK yang masih melotot itu.
Sejenak bu guru itu terdiam...
“Tapi ini sekolahan... kalau mau berkelahi, silahkan keluar dulu dari lingkungan belajar ini...” bu guru berusaha bersikap tenang.
“Saya... minta maaf atas semua kesalah pahaman ini. Nad, maafin gue ya. Gue nggak bermaksud ngegosipin lo yang enggak-enggak. Gue akuin, gue Cuma iri, lo punya prinsip yang kuat banget yang cewek-cewek lain di sini nggak punya. Nggak ada satu cowok pun yang bisa ngedapetin lo. gue ngaku salah dan kalah...” Jun menyodorkan tangan.
“Lo jangan berusaha nipu Nadine ya! Gue habisin lo!” Reza masih menggebu emosi.
“Enggak Kak. Saya minta maaf. Bener-bener minta maaf.” Jun sampe rela bersujud.
“Udah, nggak apapa. Gue maafin. Sekarang, pergi lo.” kata Nadine, lalu mengusir Jun dengan sopan.
Jun pun meninggalkan mereka bertiga.
“Kak... Lo tau nggak kenapa gue kayak gini? Karena gue terlalu belajar banyak dari tingkah lo. Gara-gara lo, gue selalu mikir kalo semua cowok itu kayak elo. Makanya, gue nggak pengen punya nasib sama kayak mantan-mantan lo.” Nadine membuka rahasianya.
Reza pun membungkam.
“Maafin kakak saya bu... tapi jujur, saya seneng. Baru kali ini saya ngeliat kakak saya mati-matian ngebelain saya.” Nadine bicara sopan pada bu guru dan melirik bahagia ke arah Reza.
“It’s oke. Nggak apapa. Saya ngerti kok.” Bu guru pun tersenyum. “Saya juga mau minta maaf sudah lancang marah-marah. Gimana kalo besok sore saya traktir makan.” Bu guru memberikan tawaran yang langsung di’oke’kan sama Nadine.
* * *
“Bu, saya permisi ke pintu masuk dulu ya. Ada temen yang nunggu.” Nadine pamit dan langsung ngacir meninggalkan bu guru berdua dengan Reza.
“Gue salut, lo bisa ngebela adek lo sampe segitunya. Gue pikir lo Cuma cowok cemen yang selalu nurut apa kata Nadine.” Bu guru membuka obrolan.
“Gue? Elo?” Reza bingung.
“Santai aja kali... kita kan nggak lagi di sekolah.”
Reza tersenyum manis.
“Gue juga ngaku salut sama lo... sejak ketemu sama lo, gue belajar banyak hal. Gue sadar kalo ternyata adek gue kurang perhatian... gue juga sadar, lo satu-satunya orang yang bisa bikin gue ‘bebas lepas’...”
“Maksud lo?”
“Gue playboy... biasa gonta-ganti cewek tiap seminggu. Tiap gue bosen, kesel atau marah... biasanya gue pendem, langsung aja gue tinggalin cewek-cewek itu. Sejujurnya, gue malah nggak bisa berantem sama cewek. Tapi berkat lo, mata gue kebuka lebar...” Reza pun menjelaskan.
Kemudian, Nadine muncul bersama Itonk dan Le’man...
“Le’man??? Itonk???” bu guru tampak kaget.
Reza dan Nadine pun bingung...
“Ipeh???” Le’man dan Itonk membalas kompak.
Reza terbelalak...
“Elo, Ipeh???” Reza memegang pundak dan pipi bu guru, bergantian.
“Ya ampun! Lo Rojak???” Ipeh pun tampak semangat.
“Gile lo Peh... masih idup aja lo. Kirain, habis lulus duluan, lupa sama kita!” kata Itonk.
“Kalian temenan?” Nadine jadi lemot.
“Syarifah alias Ipeh ini, temen SMA kita dulu. Berhubung ni anak otaknya kayak Pak Habibie, dia ikut kelas akselerasi. Lulus duluan deh.” Reza menjelaskan.
* * *
Bener banget! 2 minggu pedekate, si Rojak langsung ngedapetin hati Ipeh... mereka pun akhirnya mutusin untuk pacaran. Ipeh gadis sederhana yang nggak matre dan  mau menerima Reza apa adanya... masih sama seperti di jaman muda dulu...
Emang bener kata Itonk sama Le’man dulu... “Kalo jodoh nggak lari kemana.”
Setahun jarak jauh, sembari Reza menyelesaikan kuliahnya... 
Reza pun membawa arak-arakan buat ngelamar Ipeh...      


Tidak ada komentar:

Posting Komentar